Daftar Menu MPASI Pertama agar Bayi Mau Makan

Daftar Menu MPASI Pertama agar Bayi Mau Makan

Asupan nutrisi yang cukup adalah hal penting bagi setiap bayi untuk bisa bertumbuh secara sempurna. Salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah pemberian MPASI pertamapada mereka. Namun seperti yang diketahui bahwa menu untuk proses MPASI memang bukan perkara yang mudah. Untungnya, berikut ada beberapa daftar menu yang bisa Anda contoh.

  1. Seminggu Pertama

Untuk proses MPASI ini sendiri pastikan bahwa si kecil sudah memasuki setidaknya 6 bulan supaya siap. Selain itu, menu pertama yang mestinya dicocokkan untuk tiap minggunya agar si kecil tidak kaget sekaligus tidak bosan. Untuk minggu pertamanya sendiri, Anda bisa fokus untuk memberikan buah-buah pada si kecil. Hal tersebut tidak lepas karena tingginya nutrisi.

Buah-buahan yang bisa Anda pilih sendiri bisa mulai dari pisang, apel, pir hingga alpukat. Pilihlah jenis buah yang tergolong masih aman dan juga tergolong memiliki tekstur yang lembut untuk si kecil. Buah-buahan ini sendiri memiliki kandungan serat, kalium hingga asam folat yang tinggi. Kandungan yang pastinya sangat berguna bagi si kecil untuk tumbuh kembangnya.

  1. Minggu Kedua

Setelah Anda berhasil melewati seminggu pertama pemberian ASI dengan baik tentunya minggu kedua juga mesti mendapatkan perhatian khusus. Untuk minggu kedua ini, sebaiknya Anda mulai beralih dengan makanan yang memiliki sumber karbohidrat lebih tinggi. Sesuatu yang pastinya akan sangat dibutuhkan si kecil untuk menyempurnakan tumbuh kembangnya.

Asupan karbohidrat ini sendiri bisa Anda temukan pada umbi, kentang hingga nasi yang sudah dilembutkan menjadi bubur. Bisa dibilang, jenis makanan tersebut yang paling direkomendasikan untuk bisa dijadikan MPASI bagi si kecil. Namun selain itu, Anda juga disarankan untuk mulai memberikan berbagai jenis sayuran sebagai penyeimbang nutrisinya.

  1. Minggu Ketiga

Menu MPASI pertama di minggu ketiga yang bisa Anda berikan adalah dengan memberikan asupan protein pada si kecil. Asupan protein terbaik yang bisa Anda dapatkan tentunya adalah daging. Pilihlah daging ayam hingga sapi yang diketahui memiliki kandungan protein yang tinggi untuk si kecil. Sesuatu yang pasti dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil.

Tentunya daging-daging sudah dihaluskan terlebih dulu sebelum diberikan kepada si kecil. Selain itu, perhatikan pemberian jumlah daging kepada si kecil. Apabila Anda merasa si kecil sudah memiliki bobot yang tergolong berlebih maka jangan berikan daging dengan jumlah yang terlalu banyak juga. Soalnya hal tersebut akan semakin menambah bobot mereka.

  1. Minggu Keempat

Untuk minggu yang terakhir ini sendiri bisa dibilang Anda sudah sedikit lebih bebas untuk memberikan berbagai menu makanan. Cara yang paling mudah adalah dengan mengombinasikan berbagai menu makanan seperti yang sudah disebutkan di atas. Hal tersebut pastinya akan lebih memudahkan Anda memperhatikan asupan nutirisi yang masuk pada buah hati.

Jadi memberikan MPASI pertama bukanlah sesuatu yang sulit untuk bisa dimasukan. Terutama apabila Anda mengetahui langkah-langkah dalam pemberian menu yang tepat pada si kecil. Berbagai penjelasan di atas pastinya bisa dijadikan pedoman untuk menentukan menu tersebut.

shares